Beberapa Daftar Isi Seserahan Pernikahan Yang Wajib Diberikan (Hantaran)

Beberapa Daftar Isi Seserahan Pernikahan Yang Wajib Diberikan (Hantaran) - Seserahan itu adalah satu rangkaian acara yang dikerjakan sebelumnya hari pesta pernikahan dilangsungkan. Sesungguhnya seserahan ini bergantung di mana kita tinggal guys. Pada kebiasaan yang satu serta yang lain tidak sama, namun walau demikian, ketidaksamaannya tidaklah terlalu menonjol. Di sini pihak pria mesti memberi barang seserahan yang bermanfaat sebagai bentuk simbolis tanggung jawab mempelai lelaki pada wanitanya.
Baca Juga Artikel : Persiapan Pernikahan
Beberapa Daftar Isi Seserahan Pernikahan Yang Wajib Diberikan (Hantaran)
Beberapa Daftar Isi Seserahan Pernikahan Yang Wajib Diberikan (Hantaran)
Ketika melakukan prosesi lamaran, seperti yang dilangsir rizkirawati. blogspot. com, keluarga dari pihak lelaki akan membawa beberapa bingkisan yang umum dimaksud dengan seserahan lamaran. Menurut kebiasaan Jawa, seserahan mesti sejumlah angka bilangan ganjil, seperti 7, 9, 11, dan sebagainya.

Beberapa Daftar Isi Seserahan Pernikahan Yang Wajib Diberikan (Hantaran)

Dengan cara simpel isi kotak seserahan lamaran dibagi sebagai berikut :

  1. Perlengkapan Beribadah sesuai sama agama (untuk Muslim umumnya mukena serta Al Qur’an, sedang Nasrani umumnya salib serta Alkitab dan rosario untuk Katholik) 
  2. Baju kerja/baju pesta wanita 
  3. Perlengkapan mandi 
  4. Peralatan make-up atau kosmetik 
  5. Perhiasan 
  6. Makanan 
  7. Buah-buahan 
Sesudah prosesi penyerahan seserahan lamaran oleh pihak pria, pihak wanita akan membalas dengan jumlah yang lebih sedikit, namun tetaplah dengan jumlah yang ganjil. Balasan ini umum dimaksud dengan angsul-angsul. Menurut laman ourwedjournal. blogspot. com, berisi juga lebih simpel serta lebih kurang memasukkan hal sebagai berikut :
  1. Baju kerja/baju pesta pria 
  2. Makanan 
  3. Buah-buahan 
Apakah itu Seserahan Pernikahan/Hantaran Pernikahan/Angsul-angsulan? Nah, jika anda wanita, harus hukumnya untuk tahu apa ini. Soalnya jika tidak tahu ruginya kronis! hahaha
Seserahan pernikahan ialah beberapa barang, yang biasanya didapatkan dari pihak pria pada wanita, yang disebut barang dari ujung kaki hingga rambut si wanita itu.

Apa Saja Isi Seserahan Pernikahan? Ya banyak. Umpamanya tas, pakaian, perlengkapan mandi, atau apa pun. Dasarnya sebenernya sebagai lambang, kalau si pria memberi barang itu ke wanita untuk bekal nanti mengawali hidup sesudah pernikahan. Secara singkat, wanita kaya kita (saya, red.), bisa manja minta ini-itu sama si pria! Tentang apa saja barangnya, terserah biaya yang anda punyai. Hanya karena saya menikah kebiasaan jawa, umumnya jumlah hantaran/angsul-angsulan/seserahan itu mesti ganjil, seperti 5 kotak, 7 kotak, maupun lebih. Kelak balasan ke pria nya kurang dari jumlah kotak seserahan yang wanita bisa. Umpamanya 3, 5, dst…

Contoh Daftar Isi Barang Seserahan Pernikahan yang Murah saya untuk sesuai sama banyak kotakan ya :

1. Peralatan Mandi
2. baju dalam
3. Make up
4. Bermacam Perlengkapan Pesta
5. Kain, Songket, serta semacamnya
6. Perlengkapan Kantor
7. Wajik Dodol (ini tuturnya harus jika orang jawa, agar senantiasa nempel si calon suami sama kita wkwk)

Well, dari Bale Seserahan, pengalaman sampai kini hiasi seserahan, daftarnya diantaranya :

Seserahan :

1. Alat Sholat : Sajadah, Mukena, tasbih
2. Perhiasan
3. Perlengkapan Pesta : Sepatu, tas
4. Perlengkapan pesta : Songket & kain kebaya
5. Perlengkapan kerja : Tas & sepatu
6. Perlengkapan mandi : handuk, toiletries
7. Baju dalam
8. Make up
9. Makanan
10. Makanan 2
11. Buah-buahan

Angsul-angsul :

1. Alat sholat : Sajadah, peci, sarung, pakaian koko, tasbih
2. Perlengkapan kerja : sepatu/tas/sabuk/dompet
3. Perlengkapan pesta : Setelan Jas/Baju batik
4. Peralatan Mandi
5. Makanan

Tetapi pada intinya, baik seserahan ataupun angsul-angsul begitu dapat sesuai dengan hasrat calon mempelai wanita serta pria. Umpamanya, kita pernah hiasi seserahan di luar daftar-daftar yang telah ada, seperti kamera, karena si mempelai wanita sukai fotografi. Ada pula angsul-angsul yang diisi Vape (vaporizer dengan kata lain rokok elektrik), atau diisi alat-alat pertukangan.

So, beberapa bride and groom to be, semuanya kembali pada kalian (serta pastinya semasing keluarga), apakah jumlahnya mesti ganjil, atau bagaimana, semua dapat ditata serta sesuai sedemikian rupa. Janganlah lupa juga untuk mulai menyicil berbelanja yah, karenanya akan begitu menolong kalian untuk memperingan pengerluaran, daripada segera sekalian berbelanja semua.
Baca Juga Artikel : Persiapan Pernikahan
Untuk dekorasi seserahan, dapat diserahkan ke kita sekitaran 2 minggu sebelumnya acara, agar kita juga tak tergesa-gesa untuk hiasi seserahan kalian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Beberapa Daftar Isi Seserahan Pernikahan Yang Wajib Diberikan (Hantaran)